Selasa, 27 September 2016

BAHAN UNTUK CLOTH DIAPERS DAN MENSPAD



JENIS BAHAN YANG DI GUNAKAN UNTUK PEMBALUT DAN CLOTH DIAPER/ CLODI

SPESIFIKASI DAN KEGUNAAN SEBAGAI BERIKUT :

PUL
Breathable Polyurethane Laminate (PUL) Pada lapisan paling luar cloth diapers umumnya bisa berupa polyester, katun, atau campuran dari keduanya, bagian ini kemudian dilapisi (coating) bahan polyurethane laminate setebal 12-25 Micron (0.5 – 1 mil), memiliki sifat lentur (stretch), tahan air (waterproof) namun masih bisa dilalui udara (breathable), sehingga disamping mencegah kebocoran lapisan coating PUL juga menjadikan cloth diapers lebih sejuk dan nyaman bagi bayi. PUL pada awal kemunculanya hingga kini masih digunakan oleh dunia medikal karena sifatnya yang waterpoof dan mudah disterilkan.
Microfiber
Daya Serap Tinggi Microfiber Insert Microfiber merupakan penemuan penting dalam teknologi textil, formula 80% polyester dan 20% polyamide selain lembut juga menjadikan bahan ini amat kuat menyerap sekaligus mengikat air sehingga air tersimpan cukup baik. Microfiber yang awalnya exclusive digunakan di kalangan medical dan lab kini sudah luas digunakan sebagai lap pembersih prabot rumah tangga dan lap mobil. Apakah Yang Dimaksud Dengan Microfiber? Microfiber adalah istilah terminology yang digunakan untuk menjelaskan serat yang diproduksi secara sangat halus dan nama teknologi untuk pengembangan serat ini. Bahan untuk membuat serat ekstra halus ini menyediakan sebuah pemberian yang superior, dan kehalusan yang luar biasa yang muncul didalam kain, handuk, kain pel dan banyak aplikasi lain yang dikembangkan seperti dalam jubah mandi, handuk bayi dan lain-lain. Banyak definisi tentang benang microfiber, tetapi kebanyakan mengatakan dalam bahasa umum yaitu; benang yang berukuran kurang dari 1 denier. Referensi nama microfiber terbentuk oleh pengembangan teknologi serat yang teramat sangat halus yang kalau diukur hanya berdiameter 0,006mm. artinya 10 kali lebih halus daripada sutra, 30 kali lebih halus daripada katun, 40 kali lebih halus daripada wool, dan 100 kali lebih halus daripada rambut manusia. Satu pound serat ini saja dapat melingkari equator bumi lebih dari 10 kali. Diameter atau kehalusan atau serat benang -semakin kecil angkanya, semakin halus seratnya- yang pada hasilnya akan lebih efektif untuk membersihkan permukaan. Terdapat empat tipe microfiber sintetis yang diproduksi tapi pada detik ini bahan untuk kain pembersih microfiber pada umumnya menggunakan kreasi dari dua polymers, yaitu nylon dan polyester. Polyester adalah lyophilic yang menjamin menarik kotoran dan minyak sedangkan polyamide (nylon) adalah hydrophilic yang menjamin penyerapan air.
Microfiber menembus permukaan pada level yang lebih halus daripada serat biasa, sambil menghilangkan kotoran dan lemak pada level yang lebih tinggi dan menciptakan permukaan yang lebih luas dari keseluruhan area, 40 kali lebih luas daripada serat biasa dan menciptakan listrik statis, seperti magnet, polyester dan polyamide yang secara natural memiliki daya listrik positif yang akan menarik daya negative dari debu, kotoran, kutu, tungau dan bahkan membersihkan benda pada level micro seperti bakteri, sehingga penggunaan kimia dikurangi atau tidak diperlukan, maka hal ini dapat memberikan lingkungan yang lebih sehat melalui pengurangan kimia yang terlepas ke alam lingkungan.
Bamboo
– Lebih cepat kering 3-4 kali daripada katun, lebih cepat kering, maka akan lebih nyaman untuk bayi.
– Cocok digunakan sepanjang waktu, menjaga bayi tetap dingin ketika musim panas dan menjaga tetap hangat ketika musim dingin.
– Lebih lembut dari bahan katun, membuat bayi lebih nyaman setiap waktu
– Anti alergi dan bakteri
– Bahan organik alami sehingga ramah lingkungan
– Memiliki daya serap tinggi, sekitar 65% – 75% lebih tinggi daripada katun biasa
– Bayi yang memiliki kulit sensitif atau alergi terhadap produk pabrik biasanya tidak ada masalah dengan bambo.
– Memiliki banyak rongga mikro, sehingga lebih banyak udara yang bisa keluar masuk.
– 100% Biodegradable.
Microfleece
Repellent Microfleece (Micropolar) Microfleece merupakan lapisan yang bersentuhan langsung dengan kulit bayi, digunakan lapisan ini karena memiliki sifat yang unik, yaitu : – Kuat menyerap air tanpa ikut basah, microfleece bersipat Polar (menolak air), dimana microfleece tidak mudah dilekati air, sehingga air pipis bayi hanya akan dilewati untuk selanjutnya diserap dan tampung oleh kain microfiber. Hal ini menjadikan kain Microfleece senantiasa kering sehingga kulit bayi bebas lembab dan bebas iritasi. – Bersifat kebalikan dari sifat microfiber yang amat mengikat air microfleece tidak dapat dilekati air, sehingga selain senantiasa kering air pipis bayi hanya juga hanya akan disimpan didalam microfiber insert. – Sangat lembut dan bebas iritasi kulit. – Mudah dibersihkan, sifat repellent (menolak) Microfleece akan memudahkan ketika membersihkan cloth diapers saat bayi PUP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar